Siahaan, Angeline (2013) KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING) DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4104131001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4104131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4104131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4104131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4104131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4104131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4104131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4104131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4104131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4104131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4104131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan pendekatan kontektual dan pendekatan konvensional pada materi pokok hidrokarbon di SMA Parulian 2 Medan pada kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan kontektual dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Dari Pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Parulian 2 Medan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) dengan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMA, yang mana rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 74% sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 68%. Uji beda nyata terhadap kedua rata-rata hasil belajar siswa ini dilakukan dengan uji statistik z pada tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan uji ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontektual lebih baik dari pada yang di ajarkan dengan menggunakan pendekatan Konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Sia k |
Keywords: | pendekatan kontekstual; kontekstual dalam KTSP; materi kimia; alkana; lembar kerja siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11143 |