Dalimunthe.Parna Zunisah (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TITRASI ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model mengajar menginduksi perubahan konsep M3PK terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Titrasi Asam Basa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2012 2013Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas Sedangkan sampel diambil dengan berdasarkan pertimbangan sampling purposive sebanyak dua kelas yaitu XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan M3PK dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas Kontrol yang diajarkan dengan Model Konvensional Sebelum proses belajar mengajar dimulai terlebih dahulu dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post testHasil analisis data diperoleh nilai rata rata pre test siswa kelas eksperimen 47 95 dan post test 90 23 dengan persen peningkatan belajar 81 7 sedangkan nilai rata rata pre test siswa kelas Kontrol 43 83 dan post test 78 83 dengan persen peningkatan belajar 61 Adanya peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa thitung 5 67 dan harga ttabel 1 67 thitung ttabel pada 0 025 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model mengajar menginduksi perubahan konsep M3PK terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan titrasi asam basa kelas XI SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2012 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546 240 712 Dal p |
Keywords: | Belajar kimia ; Belajar mengajar ; Keunggulan m3pk ; Model konvensional ; Titrasi asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11126 |