Nasution, Shafira Atikah (2013) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAM GAMES AND TOURNAMENT) MENGGUNAKANMEDIA SUDOKU TERHADAP PENINGKATANHASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADAPOKOK BAHASANHIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131073 Cover.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
409131073 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
409131073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409131073 abstrak.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409131073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409131073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409131073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409131073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409131073 BAB 1.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
409131073 BAB 5.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe TGT (Team Games and Tournament) menggunakan media sodokuterhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Hidrokarbondi SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan kelas X Tahun Ajaran 2012/2013. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuanyang berjumlah 9 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas yaitusebagai kelas eksperimen dan kontrol yang diambil dengan cara teknik samplingrandom sederhana. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media sudoku. Sementara kelaskontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional menggunakanmedia peta konsep.Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen memilikirata-rata nilai pre-test 27,059 dan post-tes 81,912 dengan rata-rata gain sebesar0,756. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pre-test 28,438dan pos-tes 77,031 dengan rata-rata gain sebesar 0,681. Sedangkan persentasepeningkatan hasil belajar kelas eksperimen 75,610% dan pada kelas kontrol68,095%. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 7,515%.Hasil uji statistik menggunakan uji t pihak kanan menggunakan nilai ratratapost test diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 73,000 sedangkan nilai ttabelsebesar 1,657 pada taraf signifikan α= 0,05, sehingga thitung>ttabel. Hal tersebutmenunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media Sudoku lebih tinggi dari padahasil belajar kimia siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensionaldengan media peta konsep.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai keaktifan siswa denganrata-rata persentase skor keaktifan siswa di kelas eksperimen sebesar 77,287%.Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh harga rhitung = 0,930sedangkan harga rtabel = 0,361 dengan taraf signifikansi α= 0,05, karena nilairhitung > rtabel yaitu 0,930 > 0,361, hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi positifantara keaktifan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan mediasudoku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547 010 712 /Nas/p |
Keywords: | HASIL BELAJAR ; PEMBELAJARAN KIMIA ; MODEL PEMBELAJARAN ; KONVENSIONAL ; TGT ; MEDIA PEMBELAJARAN ; SEDOLEN KIMIA |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11092 |