Tampubolon, Rudini (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTAD DAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPEQUIZ TEAM DENGAN MENGGUNAKANMEDIA POWERPOINT. Undergraduate thesis, UNIMED.
409131067 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409131067 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
409131067 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
409131067 Abstrak.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
409131067 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
409131067 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409131067 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409131067 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409131067 BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
409131067 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409131067 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dengan menggunakan media powerpoint pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas yaitu kelas X 8 dan sebagai kelas eksperimen I dan kelas X 9 sebagai kelas eksperimen II.Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 18 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan media powerpoint dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dengan media powerpoint.Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rataan pretest sebesar 22,88 ± 5,54 dan nilai rataan postest adalah 71,35 ± 11,11 sedangkan nilai rataan untuk kelas eksperimen II adalah 22,46 ± 6,70 dan nilai rata-rata postest adalah 78,19 ± 9,84. Nilai rataan gain kelas eksperimen I diperoleh 0,63 dan nilai rataan gain untuk kelas kontrol dalah 0,72. Uji normalitas pretest kelas eksperimen I diperoleh x2 hitung = 4,88 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ2 = 7,00 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas eksperimen II diperoleh dan χ 2 hitung = 8,88 dan χ 2 tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ 2 hitung = 8,77 dan dan χ 2 tabel = 11,07. Sehingga χ 2 hitung < χ 2 tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk pretest diperoleh Fhitung = 1,51 dan Ftabel = 1,92, untuk postest diperoleh Fhitung = 1,275 dan Ftabel = 1,92, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= -2,35 dan daerah kritis pada: t < - 1,9895 dan t > 1,9895, sehingga ttabel berada pada daerah kritis yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dengan menggunakan media powerpoint
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547 010 71 /Tam/p |
Keywords: | PEMBELAJARAN KIMIA ; PEMBELAJARAN KOOPERATIF ; TIPE STAD ; MEDIA PEMBELAJARAN ; MEDIA PEMBELAJARAN POWN POINT |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11091 |