Hutapea, Alessandro (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMAN 8 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321002 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
409321002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
409321002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
409321002 ABSTRAK..pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
409321002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
409321002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409321002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409321002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409321002 BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
409321002 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
409321002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
409321002 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankoperatif tipe Team Asisted Individualization Berbantuan Peta Konsep terhadap hasil belajar pada materi pokok Listrik Dinamis Kelas X Semester II SMAN 8 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMAN 8 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 309 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasiyang dilakukan oleh dua observer.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,71dengan standar deviasi 9,4, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,85 dengan standar deviasi 8,23. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 68 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 0,409 dan ttabel = 1,998 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, dengan demikian diperoleh bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran koperatif tipe Team AsistedIndividualization (TAI) Berbantuan Peta Konsep dan kelas kontrol dengan modelpembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postesdengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,85 dengan standar deviasi 8,9 dankelas kontrol 64,7 dengan standar deviasi 10,6. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 66,14 termasuk kategori (cukup baik). Hasil uji t satu pihak dengan dk = 68 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,71 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Team AsistedIndividualization Berbantuan Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa padamateri pokok Listrik Dinamis kelas X semester II SMA Negeri 8 Medan T.P2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Hut p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Komponen; Hukum Ohm; Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10834 |