UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII MTS AL-JIHAD MEDAN

Mazaly, Muhammad Rizky (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII MTS AL-JIHAD MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409111048 COVER.pdf]
Preview
Text
409111048 COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409111048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409111048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409111048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409111048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409111048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 BAB I.pdf]
Preview
Text
409111048 BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 BAB V.pdf]
Preview
Text
409111048 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 409111048 RIWAYAT HDUP.pdf]
Preview
Text
409111048 RIWAYAT HDUP.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuanpemecahan masalah siswa setelah diterapkan model Kooperatif Learning Tipe Investigasi Kelompok di kelas VII MTs. Al-Jihad Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII MTs. Al-Jihad Medan yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif LearningTipe Investigasi Kelompok. Soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil tes awal di kelas VII-1 diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 16,7% dengan ratarata49,75, dan di kelas VII-2 diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 30% dengan rata-rata 54,28, pada siklus I (kelas VII-1) terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,7% dengan nilai rata-rata 69,92 dan pada siklus II (kelas VII-2) terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikalsebesar 86,7% dengan rata-rata 80,75. Hal ini dapat juga dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada siswa dari segi aspek pemecahan masalah yakni pada siklus 1 diperoleh 29 siswa (96%) yang dapat memahami masalah, diperoleh 18 siswa(60%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, diperoleh 13 siswa(43,3%) yang dapat menyelesaikan masalah, dan diperoleh 17 siswa (56,7%) yang dapat memeriksa kembali. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 30 siswa(100%) yang dapat memahami masalah, 23 siswa (76,7%) yang dapatmerencanakan penyelesaian masalah, 21 siswa (70%) yang dapat menyelesaikanmasalah, 23 siswa (76,7%) yang dapat memeriksa kembali. Berdasarkan hasilobservasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yangdilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori baik. Padasiklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategorisangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs. Al-Jihad Medan sehingga pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Investigasi Kelompok dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 511.8 Maz u
Keywords: Belajar Matematika; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Investigasi Kelompok; Sistem Sosial; Aritmetika Sosial; Teori Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 06 Sep 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item
View Item