Simanjuntak, Tua Maringan Dame (2013) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS X SMA SWASTA MULIA MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110033 COVER.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
071244110033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
071244110033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
071244110033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
071244110033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
071244110033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
071244110033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
071244110033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
071244110033 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
071244110033 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
071244110033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan berarti antara Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa kelas X SMA Swasta Mulia Medan T.A 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester I SMA Swasta Mulia Medan T.A 2012/2013 sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 76 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 1 kelas dari 2 kelas pararel yang ditentukan dengan random sampling, sebanyak 38 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil analisis korelasi jenjang nihil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Matematika dengan koefisien korelasi rx1-y = 0,530 sedangkan rtabel untuk N=38 pada taraf siginifikan 5% adalah 0,320. Hasil analisis korelasi jenjang nihil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Aktivitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika dengan koefisien korelasi rx2-y = 0,494 sedangkan rtabel untuk N=38 pada taraf signifikan 5% adalah 0,320.Hasil analisis regresi ganda dan korelasi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan secara bersama-sama antara Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika siswa. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,4398 atau 43,98% sehingga koefisien korelasi ganda R = 0,663. Besar sumbangan efektif variabel Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Matematika adalah sebesar 23,91% dan sumbangan efektif Aktivitas Belajar siswa dengan Hasil Belajar Matematika adalah 20,07%. Jadi besar sumbangan efektif dari variabel Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar siswa terhadap hasil Belajar Matematika adalah sebesar 43,98%.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X semester I SMA Swasta Mulia Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.071 Sim h |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Kooperatif; Pangkat; Bulat; Konvensional; Pecahan; Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10628 |