Syariyah (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244320048 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
071244320048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
071244320048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
071244320048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
071244320048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
071244320048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
071244320048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
071244320048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
071244320048 BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
071244320048 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
071244320048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
071244320048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terintegrasi pendidikan karakter memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA PGRI 12 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD terintegrasi pendidikan karakter dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan data gainternormalisasi, besar peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD terintegrasi pendidikan karakter adalah 77% dan peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter adalah 59%. Besarnya peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah selisih antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni 77% - 59% = 18%. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 9,2>1,6671 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak Ha diterima, dimana Ha = Hasil belajar siswa dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terintegrasi pendidikan karakter lebih baik dari pada pengajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter. Hubungan nilai hasil belajar siswa dengan nilai karakter siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terintegrasi pendidikan karakter ada korelasi positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhit > rtabel pada α = 0,05 dan juga dapat dilihat dari nilai karakter siswa yang tinggi dan nilai hasil belajar siswa juga tinggi. Berbeda dengan pembelajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter yang nilai belajar dan nilai karakter siswa rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Sya p |
Keywords: | Pembelajaran; STAD; Elektron; Unsur; Gelombang; Atom; Kooperatif; Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10505 |