Hasibuan; Fitri Nandayani (2012) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310007 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
081244310007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
081244310007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
081244310007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
081244310007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
081244310007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
081244310007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
081244310007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
081244310007 BAB I.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
081244310007 BAB V.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
081244310007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
Abstract
Pengembangan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kreativitas siswa dan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang diintegrasi dengan media Molymod dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran Direct Intruction yang diintegrasi dengan media Molymod pada pokok bahasan hidrokarbon dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X MAN 1 Medan T.A 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kreativitas dan tes hasil belajar. Instrumen kreativitas berupa indikator-indikator yang akan digunakan observer untuk mengamati siswa pada saat proses belajar mengajar dikelas yang telah divalidasi oleh validator ahli. Instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel sebesar 0,841. Pengolahan data menggunakan uji pihak kanan Independent Sample T-Test uji satu pihak dan data yang akan di uji telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuh kembangnya kreativitas siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray yang diintegrasi dengan media molymod lebih baik dari pada kreativitas siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction yang diintegrasi dengan media molymod (sign=0,00). Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray yang diintegrasi dengan media molymod lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction yang diintegrasi dengan media molymod (sign=0,00). Peningkatan hasil belajar pada kelas Two Stay Two Stray yang diintegrasi dengan media molymod sebesar 75,30% (kategori tinggi) dan kelas Direct Instruction yang diintegrasi dengan media molymod sebesar 59,90% (kategori sedang). Efektivitas penggunaan strategi kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang diintegrasi dengan media molymod dibanding dengan pembelajaran Direct Intruction yang diintegrasi dengan media Molymod adalah sebesar 20,45%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Has p |
Keywords: | Kreativitas Siswa; Hasil Belajar; Kooperatif tipe Two Stay Two Stray; Direct Instruction; Molymod |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10055 |