Simangunsong, Neeta Sri Debora (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID KELAS XI SMA METHODIST LUBUK PAKAM TA. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
409631015 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
409631015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
409631015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
409631015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
409631015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
409631015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
409631015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
409631015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
409631015 BAB I.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
409631015 BAB V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
409631015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar kimia kelas XI SMA dalam pembelajaran kimia pada pokok bahasan Koloid. Kelas sampel diberikan perlakuan dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan di SMA Methodist Lubuk Pakam. Data
yang diamati adalah hasil belajar kimia yang dikumpulkan dengan pemberian post – test berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 item yang terdiri dari 5 pilihan jawaban yang sudah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas serta di ujicobakan tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Soal tersebut juga sudah sesuai dengan indikator belajar yang harus tercapai. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji beda atau uji t yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Rata – rata hasil belajar kelas sampel untuk pretest sebesar (16,25) dan rata – rata postest (76,39). Dari data tersebut dapat dinyatakan bahwa secara keseluruhan siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil analisis uji beda atau uji t diperoleh thitung > ttabel (6,34> 1,6905) pada α = 0,05 yang berarti H0 ditolak atau Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diberi perlakuan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar kimia baik digunakan di
SMA Methodist Lubuk Pakam pada pokok bahasan Koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sim p |
Keywords: | Suspensi; Larutan; Adsorbsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10005 |