PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANVISUAL THINKING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH

Arini, Lilis (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANVISUAL THINKING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN DAN SURAT PLAGIAT..pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN SURAT PLAGIAT..pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kualitas perangkat
pembelajaran (Validitas, kepraktisan dan keefektivan) perangkat pembelajaran
berorientasi pendidikan matematika realistik yang dikembangkan; (2) Peningkatan
kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran
berorientasi pendidikan matematika realistik yang telah dikembangkan; dan (3)
Peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik yang telah
dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
dengan menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian
ini adalah define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IX-2 dan IX-3 di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Dari hasil
uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut
tim ahli adalah valid, Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditinjau
dari: a) validator menyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan
revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah
telah dapat dikatakan baik, dan keefektifan perangkat pembelajaran telah
memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal;
b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; dan c) respon
siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan
pembelajaran positif; (2) terdapat peningkatan kemampuan visual thinking siswa
dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan
matematika realistik; dan (3) terdapat peningkatan kemandirian belajar
matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi
pendidikan matematika realistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Ari p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Model pengembangan 4-D, Visual Thinking, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:38
Last Modified: 02 Apr 2018 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item
View Item