PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 KUALA

Saroh, Siti (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 KUALA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146171081 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146171081 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146171081 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146171081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146171081 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146171081 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146171081 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146171081 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146171081 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146171081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146171081 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146171081 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146171081 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146171081 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146171081 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146171081 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (947kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8146171081 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8146171081 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146171081 BIBLIOGRAPHY .pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146171081 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah, (2) perbedaan motivasi belajara antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah, (3) proses jawab antara siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi matematik setelah diberi pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dibanding dengan yang diberi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuala sebanyak 72 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2). Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematik dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas dalam penelitian ini dengan tarafsignifikan 5% .Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (2) Perbedaan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematik yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sar p
Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan komunikasi matemtik; Motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:03
Last Modified: 21 Apr 2017 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24210

Actions (login required)

View Item
View Item