EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILAEN T.P 2015/2016

Sihombing, Joan Christian (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILAEN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123321025 COVER.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123321025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123321025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123321025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123321025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123321025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123321025 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123321025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123321025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123321025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123321025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa pada materi pokok fluida di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silaen T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretestposttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model 5E berbasis inkuiri dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensioal. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa scientific inquiry berbentuk uraian yang sudah divalidasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur peningkatan scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan scientific inquiry siswa di kelas eksperimen berada pada kategori sedang, sedangkan peningkatan scientific inquiry siswa di kelas kontrol berada pada kategori rendah. Peningkatan keterampilan sosial siswa di kelas eksperimen berada dalam kategori sedang, sedangkan di kelas kontrol peningkatan keterampilan sosial siswa berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry siswa pada materi pokok fluida statis dan fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silaen T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Mariati Purnama197111192002092001
Call Number: SK-2016 FIS 048
Keywords: Model 5E Berbasis Inkuiri; Scientific Inquiry;Keterampilan Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item View Item