EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016

Simanjuntak, Monika Molinta (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123121039 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123121039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123121039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123121039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123121039 TABLE OF CONTENT - Copy.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123121039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 41231039 TABLE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123121039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123121039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123121039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123121039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry dan pemahaman konsep siswa pada materi fluida di kelas XI IPA semester II SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua dari tiga kelas yaitu kelas XI IPA-I sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA-III sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk scientific inquiry berupa tes berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal untuk masing masing fluida statis dan dinamis dimana soal sudah divalidasi dan digunakan juga lembar observasi untuk mengukur scientific inquiry siswa serta instrumen untuk pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal untuk masing-masing fluida statis dan fluida dinamis yang sudah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai N-gain untuk peningkatan scientific inquiry lebih baik di kelas eksperimen daripada di kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada perbedaan yang signifikan karena pengaruh model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap scientific Inquiry dan pemahaman konsep siswa, sehingga dapat dikatakan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan scientific inquiry dan pemahaman konsep siswa dengan penerapan model 5E berbasis inkuiri pada materi fluida di kelas XI semester II SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Mariati Purnama197111192002092001
Call Number: SK-2016 FIS 044
Keywords: Model 5E; Scientific Inquiry; Pemahaman Konsep; N-Gain.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9788

Actions (login required)

View Item View Item