ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DENGAN MEDIA KARTU SOAL DAN FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA PENGAJARAN REDOKS

Ningrum, Diah Ayu (2016) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DENGAN MEDIA KARTU SOAL DAN FLASH PLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA PENGAJARAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim 4123131015 Sampul Skripsi.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 4123131015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim 4123131015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim 4123131015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim 4123131015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 4123131015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 4123131015 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim 4123131015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Nim 4123131015 BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 4123131015 BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Nim 4123131015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan perbedaan media yaitu menggunakan media flash player dan media kartu soal terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa kelas X SMA N 16 Medan pada pokok bahasan redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 16 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian secara Purposive sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model PBL menggunakan media flash player dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan PBL menggunakan media kartu soal. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Kemudian untuk kerjasama siswa menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji gain, uji t dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji gain dan t-test untuk peningkatan hasil belajar siswa yaitu kelas eksperimen 1 rata-rata gain 0,71 dan terjadi peningkatan sebesar 71% dan kelas eksperimen 2 rata-rata gain 0,63 dan terjadi peningkatan sebesar 63%. Rata-rata kerjasama siswa diperoleh pada eksperimen 1 sebesar 68,52 dan eksperimen 2 sebesar 64,20. Untuk uji korelasi dengan PBL dengan media flash player (eksperimen 1) diperoleh rhitung > rtabel (0,71 < 0,329) dan uji korelasi dengan model PBL dengan media kartu soal (eksperimen 2) diperoleh rhitung > rtabel (0,65 < 0,329) dan uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,3 > 1,99) dan uji t-test untuk kerjasama siswa diperoleh harga thitung > ttabel (2,23 > 1,99). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: 1) ada peningkatan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model PBL dengan media flash player dengan model PBL dengan media kartu soal, 2) ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan media flash player, 3) ada korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan media kartu soal, 4) ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan model PBL dengan media flash player dan media kartu soal, 5) ada perbedaan kerjasama yang diajarkan model PBL dengan media flash player dan media kartu soal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Call Number: SK-2016 KIM 085
Keywords: Model PBL; Media Flash Player; Media Kartu Soal; Hasil Belajar Dan Kerjasama.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8460

Actions (login required)

View Item View Item