PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN VIRTUAL IRYDIUM CHEMLAB PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA

Rahmi, Siti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN VIRTUAL IRYDIUM CHEMLAB PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4122131028 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4122131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4122131028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4122131028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4122131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4122131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4122131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4122131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4122131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4122131028 BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4122131028 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4122131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model problem based learning (PBL) dan inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan virtual IrYdium Chemlab pada materi titrasi asam-basa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model PBL menggunakan virtual IrYdium chemlab dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing menggunakan virtual IrYdium chemlab. Analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan virtual IrYdium Chemlab pada materi titrasi asam-basa. Hal ini dilihat dari harga thitung < - ttabel (-2,578 < - 2,0021).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad198304112008011005
Call Number: SK-2016 KIM 072
Keywords: Hasil Belajar; Model PBL; Model Inkuiri Terbimbing; Media Virtual IrYdium Chemlab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8458

Actions (login required)

View Item View Item