PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD MUHAMMADIYAH 02 MEDAN

Sari, Suci Perwita (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD MUHAMMADIYAH 02 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SUCI PERWITA SARI NIM.8146181038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. SUCI PERWITA SARI NIM. 8146181038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui pengaruh yang lebih baik antara hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model discovery learning dengan model pembelajaran pembelajaran langsung (direct instruction ), (2) pengaruh yang lebih baik antara hasil belajar IPA siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan interpersonal rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan cluster random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar berupa tes essay dan angket kecerdasan intepersonal. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model discovery learning berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dengan model direct istruction, kecerdasan interpersonal tinggi siswa berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal rendah siswa, serta terdapat interaksi antara model discovery learning dan kecerdasan intepersonal dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSahyar, 196004261985031003
Thesis advisorSiman, 195501081983031007
Call Number: 372.85 Sar p
Keywords: Hasil belajar IPA; Kecerdasan interpersonal; Model discovery learning; Teori belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8451

Actions (login required)

View Item View Item