PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERCAKAP-CAKAP TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Hutagalung, Emida Rohayani (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERCAKAP-CAKAP TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103113017 cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 daftar isi.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 daftar table.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 daftar gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 bab I.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 bab V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113017 riwayat hidup.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi bahan pokok penelitian ini adalah kecerdasan verbal linguistik anak belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bercakap-cakap terhadap perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Santa Lusia Medan yang berjumlah 173 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara membuat undian. Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas B1 sebagai kelas kontrol dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu kelas B3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji homogenitas, normalitas dan hipotesis (Uji-t). Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung(6,555)> ttabel(1,676). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran bercakap-cakap terhadap perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan. Metode pembelajaran bercakap-cakap dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia 4-5 tahun di TK Santa Lusia Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasriah, UNSPECIFIED
Call Number: 374.014 Hut p
Keywords: Metode Bercakap-cakap; Metode Pembelajaran; Kecerdasan; Pintar Kata; Kecerdasan Verbal Linguistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7767

Actions (login required)

View Item View Item