PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X TKJ SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2015/2016.

Pakpahan, Hermanto Elisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X TKJ SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5112131006 COVER.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5112131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM5112131006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5112131006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5112131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5112131006 TABLES.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5112131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5112131006 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5112131006 CHAPTERR I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5112131006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5112131006 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pada materi mata pelajaran sistem komputer dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode Ekspositori di kelas X TKJ SMK Swasta Teladan Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik komunikasi dan jaringan SMK Swasta Teladan Medan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik komunikasi dan jaringan SMK Swasta Teladan Medan yang berjumlah 162 orang. Sampel yang digunakan adalah kelas TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas TKJ 4 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelas eksperimen, pretest = 43,25;SD=8,43 dan postest =74,87;SD=8,28. Sedangkan kelas control, pretest =39,12;SD=9,12 dan posttest =63,12;SD=7,90. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis thitung = 6,49 sedang ttabel = 1,67. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 6,49>1,67 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran sistem komputer dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode Ekspositori di kelas X TKJ SMK Swasta Teladan Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Pintauli19520421976032002
Call Number: SK-2016 ELK 021
Keywords: Contextual Teaching and Learning; ekspositori;hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jun 2016 03:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

View Item View Item