PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT. UNITED TRACTOR CABANG MEDAN

Fadhillah, Intan Nisa (2023) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN PT. UNITED TRACTOR CABANG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. Cover Skripsi.pdf]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 2. Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 3. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
3. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 13. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview

Abstract

Organizational citizenship behavior merupakan perilaku karyawan yang memberikan kontribusi untuk melaksanakan pekerjaan diluar dari deskripsi pekerjaan yang telah ditetapkan. Dengan adanya perilaku tersebut perusahaan akan menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai visi dan misinya. Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut, Diantaranya komitmen organisasi, kepuasan kerja dan iklim organisasi. Hal tersebut membuat perusahaan harus lebih menanamkan komitmen organisasi dalam diri karyawan dan memperhatikan kepuasan kerja serta iklim organisasi agar lebih kondusif yang akan berpengaruh terhadap tumbuhnya perilaku organizational citizenship behavior para karyawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. United Tractor Cabang Medan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. United Tractor Cabang Medan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklim organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. United Tractor Cabang Medan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi, kepuasan kerja dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship Behavior pada karyawan PT. United Tractor Cabang Medan.
Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PT. United Tractor Cabang Medan sebanyak 58 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji-t dan uji-f, uji koefisien determinasi.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa variabel komitmen organisasi berpengaruh secara parsial terhadap organizational citizenship behavior, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung (3,204) > ttabel (2,004). Kemudian kepuasan kerja berpengaruh secara parsial terhadap organizational citizenship behavior, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung (3,096) > ttabel (2,004). Sedangkan variabel iklim organisasi berpengaruh secara parsial terhadap organizational citizenship behavior, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (3,369) > ttabel (2,004). Berdasarkan pengujian secara serentak bahwa variabel organizational citizenship behavior secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dan iklim organisasi thitung (21,326) >
ii ttabel (2,77) dan diperoleh nilai R 0,736 serta nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini adalah 0,517. Kemudian sisanya sebesar 48,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komitmen Organisasi, Iklim Organisasi, Organizational Citizenship Behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:28
Last Modified: 29 Jan 2024 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54017

Actions (login required)

View Item
View Item