STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Oktavia, Elisa (2022) STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173111018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173111018 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173111018 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173111018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173111018 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173111018 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173111018 BAB 1.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173111018 BAB 1.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4173111018 BAB 5.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4173111018 BAB 5.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil studi literatur penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Library Research atau studi pustaka yang dilaksanakan di Digital Library UNIMED selama dua bulan yaitu mulai dari bulan Februari hingga April tahun 2022. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari beberapa literature yang menjadi referensi dalam penelitian ini, peneliti melakukan reduksi dan dan memilih 4 jurnal dan 2 skripsi sebagai pokok bahasan utama dalam melakukan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai rata-rata effect size sebesar 0,95. Hal ini menunjukkan pengaruh yang diperoleh berada pada kategori besar dan serangkaian tahapan dalam model pembelajaran PBL mampu memenuhi setiap indikator kemampuan berpikir kritis siswa. Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah yang pembelajarannya menggunakan model PBL mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 020
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Proses jawaban
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:50
Last Modified: 13 Nov 2023 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53558

Actions (login required)

View Item
View Item