PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN MEDIA POWER POINT DAN TEKA TEKI SILANG (TTS) PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA

Banjarnahor, Jumono (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN MEDIA POWER POINT DAN TEKA TEKI SILANG (TTS) PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1    NIM 4113331019 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4113331019 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2    NIM 41113331019  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 41113331019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 3    NIM 4113331019 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4113331019 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 3    NIM 4113331019 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4113331019 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4    NIM 4113331019 KATA PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4113331019 KATA PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5    NIM 4113331019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4113331019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 6    NIM 4113331019  TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4113331019 TABLES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7    NIM 4113331019  ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4113331019 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8    NIM 4113331019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4113331019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 9    NIM 4113331019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4113331019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 14   NIM 4113331019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4113331019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15  NIM 4113331019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4113331019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan kerjasama siswa menggunakan model kooperatif Tipe TPS (Think pair share) dengan media TTS dan media powerpoint pada pokok bahasan ikatan kimia di YP Parulian 2 Medan pada kelas X IPA semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dan eksperimen. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 30 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,544 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,612. Perbedaan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel (1,05, 1,795 ) sehingga Ha diterima berarti Perbedaan hasil belajar kimia dengan menggunakan Model kooperatif tipe TPS dengan media teka-teki silang lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar kimia dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media powerpoint . Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan Media Teka-teki silang memberikan hasil belajar dan kerja sama siswa yang lebih tinggi dari pada pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media power point. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test 44,4 dan post-tes 74,53 dengan rata-rata gain sebesar 0,53. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pre-test 48,4 dan pos-tes 81,46, dengan rata-rata gain sebesar 0,61. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebesar 7,9 % perbedaan kerjasama siswa kelas eksperimen I 68,52 dan pada kelas eksperimen I 71,66 .Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kerjasama siswa sebesar 3,14.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 024
Keywords: Model Pembelajaran; Kerjasama;Keterampilan;Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 May 2016 18:24
Last Modified: 08 May 2016 18:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item
View Item