Analisis Kesulitan Guru Sejarah Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Inklusif di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam.

Alawiyah, Putri (2022) Analisis Kesulitan Guru Sejarah Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Inklusif di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3183321029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3183321029 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3183321029 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3183321029 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3183321029 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3183321029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3183321029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3183321029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3183321029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3183321029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3183321029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3183321029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3183321029 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3183321029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3183321029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3183321029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 3183321029 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 3183321029 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3183321029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3183321029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3183321029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3183321029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru sejarah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis inklusif di SMAN 2 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 di SMAN 2 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini guru sejarah yang mengajar ke dalam kelas terdapat siswa inklusif di dalamnya, dengan teknik pengambilan sampel Purpose Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan teknik statistic deskriptif untuk data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan angka-angka terhadap variabel yang dapat diukur penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilihat dari keseluruhan data yang didapat menunjukkan bahwa tingkat kesulitan guru termasuk dalam kategori cukup sulit. Kendala yang dihadapi guru sejarah di SMAN 2 Lubuk Pakam dalam melaksanakan pembelajaran berbasis inklusif yaitu membuat metode pembelajaran sejarah yang inovatif sesuai kebutuhan siswa inklusif, memperoleh bacaan pengajaran sejarah yang berkaitan dengan implementasi pendidikan inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-076
Keywords: Kesulitan; Pendidikan Inklusif; Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:54
Last Modified: 02 Jan 2023 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49352

Actions (login required)

View Item
View Item