STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Simanjuntak, Sinitta Marito (2022) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311009 COVER.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183311009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183311009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183311009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183311009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183311009 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183311009 TABLES.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183311009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183311009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183311009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183311009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM 4183311009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM 4183311009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183311009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu pasti yang membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis, strategis, kreatif, dan analitis sehingga matematika perlu diberikan kepada siswa mulai dari sekolah dasar. Pada pembelajaran matematika salah satu tujuan pembelajarannya adalah mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain sehingga kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran Think Pair Share. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII-4 dan VIII-9 di SMP N 22 Medan yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang menunjukkan hasil penelitian bahwa kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran berbasis proyek memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 63,02 dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang memiliki rata rata yaitu 52,13. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui pemberian posttest di akhir setelah diberi perlakuan. Sehingga terbukti bahwa kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-201 / 371.33 Sim s
Keywords: kemampuan komunikasi matematis; model pembelajaran berbasis proyek; model pembelajaran Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 30 Nov 2022 10:30
Last Modified: 30 Nov 2022 10:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49326

Actions (login required)

View Item
View Item