PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF ESTEEM MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTSN ACEH TAMIANG

Nasution, Taufik (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF ESTEEM MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTSN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116172021 Cover.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116172021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116172021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116172021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116172021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116172021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116172021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116172021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116172021 Bab I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116172021 Bab V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116172021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa yang diajarkan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Ekspositori (2) Peningkatan Self Esteem matematika siswa yang diajarkan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Ekspositori (3) Terdapat interaksi antara model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Kemampuan Awal Matematika siswa terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa; (4) Terdapat interaksi antara Pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Kemampuan Awal Matematika siswa terhadap Peningkatan Self Esteem matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang dilaksanakan di MTsN Aceh Tamiang dengan sampel 74 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes Self Esteem matematika yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa dan Self Esteem matematika yang memperoleh model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh Pembelajaran Ekspositori, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Berbasis Masalah dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Self Esteem matematika, Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Esteem matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031003
Call Number: 510.071 2 Nas p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Esteem Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4568

Actions (login required)

View Item View Item