PENGEMBANGAN EVALUASI E-LEARNING BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA KELAS XI DI SMA

AMBARITA, HELEN DINA ULLY (2020) PENGEMBANGAN EVALUASI E-LEARNING BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA KELAS XI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 3161121021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3161121021 COVER.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3161121021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3161121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3161121021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3161121021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3161121021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3161121021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3161121021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3161121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3161121021 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3161121021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3161121021 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3161121021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3161121021 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3161121021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3161121021 CHAPTER I .pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3161121021 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3161121021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3161121021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3161121021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3161121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas dari pengembangan evaluasi e-elearning berbasis aplikasi kahoot untuk mata pelajaran sejarah materi pendudukan jepang di Indonesia kelas XI di SMA. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan R&D dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carrey yang meliputi langkah-langkah Pertama: deskripsi pendahuluan (analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan umum, melakukan analisis pembelajaran, dan merumuskan tujuan khusus), Kedua: deskripsi perencanaan (menyusun instrument assment, mengembangkan strategi pelaksanaan pembelajaraan, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran), Ketiga: deskripsi validasi dan uji coba (hasil validasi ahli, uji coba, keefektifan media). Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi oleh ahli evaluasi pembelajaran mencapai 95% dengan kategori samgat valid, validasi ahli media mencapai 91% dengan kategori sangat valid presentase untuk keefektifan penggunaan produk. Sedangkan kelayakan uji coba produk masing-masing 59% untuk uji kelompok kecil, 80% untuk uji coba kelompok sedang dan 94% untuk uji coba besar. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan produk Aplikasi Kahoot dapat memperkuat daya nalar atau tingkat berpikir siswa untuk belajar secara mandiri serta menghasilkan proses pembelajaran sejarah lebih efektifitas, efesiensi pada peningkatan kualitas kognitif pada pembelajaran sejarah di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Learning, Kahoot, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Jul 2021 13:42
Last Modified: 01 Jul 2021 13:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42861

Actions (login required)

View Item
View Item