Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD Negeri 104260 Melati

Marwan, Ahmad (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD Negeri 104260 Melati. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176182003 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176182003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176182003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176182003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176182003 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176182003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176182003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176182003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176182003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176182003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 104260 Melati. Instrumen penelitian ini meliputi observasi keterampilan proses sains dan Tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan analisis Independent Sample Tes (Uji t). Nilai rata- rata keterampilan proses sains pada kelas inkuiri terbimbing sebesar 81,62 dan pada kelas model pembelajaran direct instruction sebesar 79,02. Pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran pada tema panas dan perpindahannya, dengan skor thitung (2,384)> ttabel (2,004) untuk n= 56, α=0,05 dan sig. 2 tailed (0,021)<α=0,05, Sehingga H₀ di tolak. maka H₀ ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas inkuiri terbimbing sebesar 75,57 dan pada kelas model pembelajaran direct instruction. Sebesar 67,43. Hasil analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mempunyai nilai thitung (3,597)> ttabel (2,004) untuk n= 56, α=0,05 dan sig. 2 tailed (0,001)<α=0,05, Sehingga H₀ di tolak dan Ha diterima. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswapada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 104260 Melati.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, nidn0024046413
Thesis advisorYusnadi, nidn0009016109
Call Number: 372.3 Mar p
Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Jun 2021 01:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42420

Actions (login required)

View Item View Item