PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Rahayu, Riska (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126171030 Judul.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126171030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126171030 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126171030 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126171030 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126171030 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126171030 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126171030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126171030 Bab I.pdf - Published Version

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126171030 Bab V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126171030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan pembelajaran langsung, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (4) interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Ar-Rahman Percut yang berjumlah 150 siswa, sedangkan sampelnya terdiri 30 siswa pada kelas VII-B dan 30 siswa pada kelas VII-C. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis, serta pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran langsung, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: 510.071 2 Rah p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran langsung; Komunikasi matematis; Pemecahan masalah matematis; Kemampuan awal matematika; Student Teams Achievement Division
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item