Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan

Damanik, Togi Martua (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176166013 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176166013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176166013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176166013 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176166013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176166013 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176166013 LIST OAF TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176166013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176166013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176166013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176166013 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview

Abstract

Untuk mewujudkan keberhasilan peningkatan pendidikan harus melakukan upaya dari berbagai sisi yakni memperhatikan seluruh komponen yang berperan penting seperti peningkatan kualitas dosen, kurikulum, sarana dan prasarana, manajemen dan partisipasi masyarakat. E-modul dengan aplikasi sigil sangat membantu mahasiswa dalam perkuliahan dikarenakan fasilitas konten tutorial yang mendukung baik deskripsi dalam teks, gambar, maupun video sehingga mahasiswa memiliki ketertarikan, mampu memahami dan mereview kembali materi pembelajaran dengan baik dan memotivasi untuk belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk kelayakan dan efektifitas e�modul berbasis problem solving yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar mata kuliah Pengantar akuntansi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan sebanyak 6 kelas yakni kelas AA1 sampai dengan AA6 dan sampel penelitian adalah kelas AA4 dan AA5. Analisa yang digunakan adalah uji beda atau uji t. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) E-modul Pengantar Akuntansi I yang dikembangkan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar akuntansi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan, 2) E-modul berbasis problem solving yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Pengantar Akuntansi I mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Dari hasil yang telah diperoleh disarankan kepada mahasiswa bahwa penggunaan komputer dan android (handphone) dapat dimaksimalkan dalam proses belajar. melalui pengembangan e-modul ini diharapkan mahasiswa lebih giat belajar khususnya mata kuliah pengantar akuntansi 1sehingga lebih mudah dalam memahami dan menguasai mata kuliah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutasuhut, Saidunnidn0030086603
Thesis advisorFitrawaty, nidn0011057601
Call Number: 657.07 Dam p
Keywords: Pengembangan E-Modul; Hasil Belajar; Pengantar Akuntansi 1
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2021 01:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42213

Actions (login required)

View Item View Item