Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Efficacy Siswa yang Memperoleh Model Discovery Learning dengan Pembelajaran Biasa di SMP

Panjaitan, Agustina Hariani (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Efficacy Siswa yang Memperoleh Model Discovery Learning dengan Pembelajaran Biasa di SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176172003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176172003 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176172003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176172003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176172003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176172003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176172003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176172003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176172003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176172003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176172003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176172003 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176172003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176172003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176172003 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176172003 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8176172003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8176172003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176172003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176172003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model discovery learning dengan pembelajaran biasa, (2) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) perbedaan self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning dengan pembelajaran biasa, (5) perbedaan self-efficacy siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (6) pengaruh interaksi antara model discovery learning dan kemampuan awal matematika terhadap self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tambangan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 160 siswa dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling. Jenis pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitian dipilih dari dua kelas, yaitu kelas VIII-1 yang terdiri dari 26 siswa memperoleh model discovery learning dan kelas VIII-2 yang terdiri dari 26 siswa memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy. Uji statistik data menggunakan Uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model discovery learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) terdapat perbedaan self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (5) terdapat perbedaan self-efficacy siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah, (6) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Pan p
Keywords: Model Discovery Learning; Pembelajaran Biasa; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Self-Efficacy; Kemampuan Awal Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2021 08:40
Last Modified: 05 May 2021 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42075

Actions (login required)

View Item
View Item