PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA TERAPAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN ACEH

Retnowulan, Sri Rahayu (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA TERAPAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN ACEH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106142037 Judul.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106142037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106142037 Abstrak.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106142037 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106142037 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106142037 Bab I.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106142037 Bab V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106142037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) untuk mngetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap karakter komunikatif dan kerja keras mahasiswa, 3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara karakter komunikatif dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia, 4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara karakter kera keras dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia. Teknik pengambilan sampel menggunakan total contoh. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester I prodi peternakan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim pada unit A sebagai eksperimen I, unit B sebagai eksperimen II, unit C sebagai eksperimen III yang masing-masing berjumlah 33 mahasiswa. Hasil belajar diukur dengan instrument soal tes hasil belajar sedangkan karakter komunikatif dan kerja keras digunakan angket. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Anava satu jalur pada taraf signifikan α = 0.05. Hipotesis diuji dengan menggunakan General Linear Model Univariate dengan program SPSS-17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap hasil belajar mahasiswa, 2) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia terhadap karakter komunikatif dan kerja keras mahasiswa, 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakter komunikatif dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia, 4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakter kera keras dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran menggunakan multimedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Call Number: 540.071 1 Ret p
Keywords: Cooperative learning; Power point; Pendidikan karakter; Kerja keras; Komunikatif; Perkuliahan; Teknik jigsaw; Pembelajaran kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item