PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA MS FRONTPAGE TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Fitrah, Amalia (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA MS FRONTPAGE TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116142003 Judul.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116142003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116142003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116142003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116142003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116142003 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116142003 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116142003 Daftar Istilah.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116142003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116142003 Bab I.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116142003 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8116142003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) Pengaruh tingkat kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa, (3) Apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan media dan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit dan (4) Ranah kognitif yang paling terkembangkan setelah dibelajarkan dengan media MS FrontPage dalam pembelajaran berbasis masalah . Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Semester 1 tahun pelajaran 2012/ 2013 in Kabupaten Batubara, dan diambil sampel dari populasi yang berasal dari 2 SMA Negeri sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 65 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar angket dan instrument observasi kreativitas belajar siswa. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan analisis General Linear Model (GLM) Univariate pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan program SPSS 16.00.Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan media MS Frontpage lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dan media charta. (2) Siswa yang memiliki tingkat kreativitas belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara interaksi strategi pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan dengan kreativitas belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dan (4) Ranah kognitif yang paling terkembangkan setelah dibelajarkan dengan media MS FrontPage dalam pembelajaran berbasis masalah . adalah C3 (penerapan).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 541.372 071 2 Fit p
Keywords: Larutan elektrolit; Non elektrolit; MS Frontpage; Media pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Kreativitas
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4172

Actions (login required)

View Item View Item