PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2019/2020

APRILLIANA, FANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negei Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4153121020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153121020 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153121020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153121020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153121020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153121020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153121020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153121020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153121020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153121020 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153121020 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153121020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153121020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153121020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153121020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153121020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153121020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153121020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas zat padat di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian terdiri dari 7 soal berbentuk essay test yang telah divalidasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas eksperimen adalah 50,07 dengan standar deviasi 12,88, dan kelas kontrol adalah 45,90 dengan standar deviasi 10,1. Kemudian dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Setelah diperoleh data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan pengujian hipotesis (uji t dua pihak) dan diperoleh hasil bahwa thitung < ttabel, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas adalah sama. Setelah itu diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen 79,25 dengan standar deviasi 7,63, dan kelas kontrol adalah 70,44 dengan standar deviasi 9,88. Hasil pengujian dengan hipotesis menggunakan uji t satu pihak, diperoleh thitung = 4,20, sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (4,20 > 1,67) maka Ho ditolak dan diterima Ha. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 002
Keywords: Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:42
Last Modified: 06 Apr 2020 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37593

Actions (login required)

View Item
View Item