ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Perangin-angin, Ratu Natalia (2019) ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172070 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172070 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156172070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156172070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kemampuan metakognisi siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw, 2) mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, 3) mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah metakognisi, 4) mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk dua pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dari 38 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ sebanyak 6 siswa (15,79%), kategori ‘rendah’ sebanyak 19 siswa (50,00%), kategori ‘sedang’ sebanyak 7 siswa (18,42%), kategori ‘tinggi’ sebanyak 4 siswa (10,53%), dan kategori ‘sangat tinggi’ sebanyak 2 siswa (5,26%). (2) Tingkat kemampuan metakognisi dari 38 orang siswa dengan kemampuan metakognisi kategori ‘sangat rendah’ sebanyak 5 siswa (13,16%), kategori ‘rendah’ sebanyak 27 siswa (71,05%), kategori ‘sedang’ sebanyak 4 siswa (10,53%), kategori ‘tinggi’ sebanyak 2 siswa (5,26%), dan kategori ‘sangat tinggi’ tidak ada. (3) kesulitan bermetakognisi yang dialami siswa ditinjau berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (4) Kesulitan berpikir kreatif yang dialami siswa ditinjau berdasarkan pemenuhan indikator flexibility, fluency, originality dan elaboration

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edy195701211989031001
Thesis advisorSinaga, Bornok1965091019910201001
Call Number: 510 Per a
Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Metakognisi, Model Kooperatif Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37283

Actions (login required)

View Item View Item