PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Harahap, Fauziah Ramadayanty (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153331010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153331010 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153331010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153331010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153331010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153331010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153331010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153331010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153331010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153331010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153331010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153331010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153331010 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153331010 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153331010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153331010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153331010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153331010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153331010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153331010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153331010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153331010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bettujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Sifat Koligatif Larutan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Populasi dalam peneltian adalah siswa kelas XII SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga (YPK) sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling dengan pertimbangan kemampuan siswa yang relatif sama dan guru yang mengajar adalah sama. Satu kelas eksperimen menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dengan media Powerpoint dan satu sebagai kelas kontrol menggunakan model DI (Direct Instruction) dengan media Powerpoint, masing masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa 20 soal pilihan sebagai soal Pre-test dan Post-test dengan reabilitas 0,871. Instrumen non-tes yang digunakan berupa lembar observasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh data hasil belajar kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai Post-test sebesar 84,50 pada kelas eksperimen dan 77,83 pada kelas kontrol. Berdasarkan data hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 53,18 dan pada kelas kontrol adalah 48,51. Dari data hasil keduanya (yaitu tes dan non-tes) diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 54,05 dan kontrol sebesar 49,88. Setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh thitung = 1,93. Dari data distribusi t diperoleh ttabel = 1,67 sehingga harga thitung > ttabel (1,93 > 1,67). Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung > ttabel terpenuhi dengan kriteria Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan media Powerpoint lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran DI (Direct Instruction) dengan media Powerpoint.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 181
Keywords: Model PBL (Problem Based Learning), DI (Direct Instruction), Kemampuan Berpikir Kritis, Sifat Koligatif larutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:32
Last Modified: 12 Mar 2020 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37192

Actions (login required)

View Item
View Item