PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 040457 BERASTAGI T.A 2017/2018

Ginting, Mesarius (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 040457 BERASTAGI T.A 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166182031 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166182031 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166182031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166182031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166182031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166182031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166182031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166182031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166182031 BAB I.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166182031 BAB V.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166182031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajarn ekspositori; (2) mengetahui hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (3) mengetahui ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040457 Berastagi semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi berjumlah 82 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan totally sampling yang terdiri dari 48 siswa kelas Va untuk model pemeblajaran inkuiri dan 34 Siswa kelas Vb untuk model pembelajaran ekspositori. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desasi faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan ɑ = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Schefee. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa serta bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik daripada siswa yang meiliki kemampuan berpikir kritis rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSugiarto, 196409111989031004
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: 371.3 Gin p
Keywords: Pembelajaran Inkuiri, berpikir kritis, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 May 2019 09:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35397

Actions (login required)

View Item View Item