PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DI SMP NEGERI 30 MEDAN T.A 2017/2018

Pasaribu, Umi Nadrah (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DI SMP NEGERI 30 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4143311049 COVER.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text
2. NIM. 4143311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text
3. NIM. 4143311049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text
4. NIM. 4143311049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text
5. NIM. 4143311049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text
6. NIM. 4143311049 TABLES.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text
7. NIM. 4143311049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text
8. NIM. 4143311049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text
9. NIM. 4143311049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (938kB)
[img] Text
13. NIM. 4143311049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text
14. NIM. 4143311049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (600kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran IMPROVE dan model pembelajaran Guided Inquiry di SMP Negeri 30 Medan T.A 2017/2018 pada materi Statistika. (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran IMPROVE lebih baik daripada model pembelajaran Guided Inquiry di SMP Negeri 30 Medan T.A 2017/2018 pada materi Statistika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 30 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah seluruh siswa 273 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak, yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 33 siswa dan kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 siswa. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil pretest kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis data pretest-posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh yaitu sehingga ditolak dan diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry di SMP Negeri 30 Medan T.A 2017/2018 dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari model pembelajaran Guided Inquiry di SMP Negeri 30 Medan T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Erlinawatynidn0104098102
Call Number: SK-2018 MAT 121
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Model Pembelajaran IMPROVE ; Model Pembelajaran Guided Inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 09:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34900

Actions (login required)

View Item View Item