ANALISIS LITERASI BIOLOGI ASPEK KOGNITIF DAN KOMPETENSI SAINS PADA MATERI JAMUR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Fadillah, Ainun (2018) ANALISIS LITERASI BIOLOGI ASPEK KOGNITIF DAN KOMPETENSI SAINS PADA MATERI JAMUR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4142141001 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4142141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4142141001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4142141001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4142141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4142141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4142141001 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4142141001 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4142141001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4142141001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4142141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi biologi siswa pada materi Jamur dari aspek kognitif dan kompetensi sains dikelas X SMA Negeri 6 Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Binjai yang berjumlah 102 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel total yaitu keseluruhan dari jumlah siswa kelas X SMA Negeri 6 Binjai 102 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Literasi Biologi Aspek Kognitif yang berjumlah 6 soal dan Tes Literasi Aspek Kompetensi sains berjumlah 9 soal yang masing-masing berupa tes Esay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi biologi aspek kognitif siswa kelas X pada materi jamur di SMA Negeri 6 Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018 pada kemampuan C1 mengenai pengetahuan terhadap bentuk fisik dari jamur, rata-rata jawaban siswa tertinggi terletak pada skala Functional yaitu dengan perolehan rata-rata sebesar 3, pada kemampuan C2 mengenai pemahaman terhadap ciri-ciri dari setiap kelompok jamur, rata-rata jawaban siswa sebesar 3 tergolong kategori Functional, kemampuan C3 mengenai penerapan teori-teori yang ada terkait jamur dalam kehidupan sehari-hari, rata-rata jawaban siswa sebesar 2 tergolong kategori Nominal, kemampuan C4 mengenai Analisis terhadap hipotesis terkait jamur, rata-rata jawaban siswa sebesar 2 tergolong kategori Nominal, kemampuan C5 mengenai evaluasi data terkait dengan jamur dalam kehidupan, rata-rata jawaban siswa sebesar 2 tergolong dalam kategori Nominal, dan kemampuan C6 mengenai racangan prosedur penelitian terkait jamur dalam kehidupan , rata –rata jawaban siswa sebesar 1 tergolong dalam kategori Illiteracy. Kemampuan literasi biologi pada aspek kompetensi sains siswa kelas X pada materi Jamur di SMA Negeri 6 Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018 pada indikator mengidentifikasi isu ilmiah terdapat persentase 34,31% kategori Functional, 52,94% kategori Nominal, dan 12,75% siswa berada pada kategori Illiteracy. Pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah terdapat persentase 59,80% kategori Functional, 25,49% kategori Nominal, dan 14,70% siswa berada pada kategori Illiteracy. Indikator menggunakan bukti ilmiah 11,76% siswa tergolong Functional, 49,01% kategori Nominal, dan 39,21% kategori Illiteracy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, Hasruddin196404241989031027
Call Number: SK-2018 BIO 129
Keywords: Literasi Biologi, Aspek Kognitif, Aspek Kompetensi Sains, Materi Jamur
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 10 Apr 2019 13:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34749

Actions (login required)

View Item View Item