PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA LECTORA INSPIRE, DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Nasution, Rahmadina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA LECTORA INSPIRE, DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141014 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141014 TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan GI berbantuan media Lectora Inspire, sikap ilmiah, serta interaksi kedua model dengan sikap ilmiah terhadap nilai kognitif. Desain penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2×2 dimana model pembelajaran sebagai faktor A dan sikap ilmiah sebagai faktor B. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA regular, dan yang digunakan menjadi sampel berjumlah 62 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif berupa soal pilihan ganda untuk mengukur nilai kognitif dan lembar observasi untuk mengukur sikap ilmiah. Instrumen yang digunakan telah valid dan reliabel. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Twoway ANAVA pada program SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dan GI berbantuan media Lectora Inspire terhadap nilai kognitif siswa dengan signifikansi 0,465, terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap nilai kognitif siswa dengan signifikansi 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran PBL dan GI dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi nilai kognitif siswa pada pokok bahasan sistem koloid dengan signifikansi 0,603. Simpulan penelitian ini adalah Model pembelajaran PBL berbantuan media Lectora Inspire dan GI berbantuan media Lectora Inspire tidak memberikan pengaruh terhadap nilai kognitif siswa, siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi berpengaruh positif terhadap nilai kognitif dibanding siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah, serta tidak terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan kategori sikap ilmiah dalam mempengaruhi nilai kognitif siswa. Kata Kunci: problem based learning, guided inquiry, sikap ilmiah

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saronom198011132008121003
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 547 Nas p
Keywords: Hasil Belajar; Sistem Koloid; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33624

Actions (login required)

View Item View Item