PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 3 MEDAN KELAS XI SEMESTER GANJIL T.P 2018/2019

SIREGAR, HALIMATUS SADYAH (2018) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 3 MEDAN KELAS XI SEMESTER GANJIL T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141121023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141121023 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141121023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141121023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141121023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141121023 PREPACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141121023 PREPACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141121023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141121023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141121023 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141121023 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4141121023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4141121023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141121023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141121023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141121023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141121023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141121023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 3 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluser random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas XI-Mia 7 sebagai kelas eksperimen dengan model Inquiry Training dan kelas XI-Mia 6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar berupa keterampilan proses sains dalam penelitian, digunakan instrumen yang berupa tes belajar dan untuk memperoleh data aktivitas siswa digunakan lembar observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t setelah data berdistribusi normal dan homogen. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas yang diajarkan dengan model Inquiry Training sebesar 32,8 dan nilai rata-rata posttest 76,3 dalam kategori baik. Dan nilai rata rata pretest pada kelas yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 29,52 dan nilai rata-rata postets 58,9 termasuk dalam kategori cukup baik. Dari hasil pengamatan observer diperoleh peningkatan rata- rata aktivitas belajar siswa dalam kategori aktif. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel(6,621 > 1,668) makaHa diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelasXI SMA Negeri 3 Medan T.P. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 026
Keywords: Inquiry Training;Keterampilan Proses Sains(KPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 11:31
Last Modified: 06 Mar 2020 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32519

Actions (login required)

View Item
View Item