PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN TEKS CERPEN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI BAHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH SISWA KELAS IX SMP TUNAS PELITA BINJAI

Endriani, Nova (2018) PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN TEKS CERPEN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI BAHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH SISWA KELAS IX SMP TUNAS PELITA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156192021 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156192021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156192021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156192021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156192021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156192021 TABLES.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156192021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156192021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156192021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156192021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156192021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan bahan bacaan teks cerpen berbasis pendidikan karakter sebagai bahan gerakan literasi sekolah, (2) kelayakan bahan bacaan teks cerpen berbasis pendidikan karakter sebagai bahan gerakan literasi sekolah, (3) keefektifan bahan bacaan teks cerpen berbasis pendidikan karakter sebagai bahan gerakan literasi sekolah pada siswa kelas IX SMP Tunas Pelita Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMP Tunas Pelita Binjai. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 91,25% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 84,61% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa dengan rata-rata 84,09% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 92,54% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 85,83% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 90,28% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji coba lapangan terbatas dengan ratarata 92,34% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan bacaan menunjukkan persentasi posttest sebesar 80% lebih tinggi dibandingkan dengan persentasi pretest sebesar 69,37%. Dengan demikian, bahan bacaan teks cerpen berbasis pendidikan karakter sebagai bahan gerakan literasi sekolah yang telah dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai bahan bacaan dalam gerakan literasi sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Thesis advisorSaragih, Amrin195501131982031002
Call Number: 812 End p
Keywords: pengembangan, cerpen, karakter, literasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31674

Actions (login required)

View Item View Item