PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH

Lestari, Roima Rizki (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166172057 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166172057 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 8166172057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 8166172057 PREPACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 8166172057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 8166172057 LIST OF TABELES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 8166172057 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 8166172057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM 8166172057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 8166172057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian eksperimen semu ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan software autograph dalam belajar statistika di SMP yang menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini berfokus pada kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dalam mempelajari statistika. 64 orang siswa terlibat dalam penelitian ini yang terdiri dari dua kelas, yaitu 32 siswa di kelas eksperimen dan 32 siswa di kelas kontrol. Siswa dikelompok eksperimen belajar dengan bantuan software autograph, sedangkan di kelompok kontrol siswa belajar tanpa bantuan software autograph. Skor rata-rata keseluruhan kemampuan pemecahan masalah kelompok eksperimen adalah 17,625 (N-gain =0,299) lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 15,438 (N-gain =0,100). Rata-rata kemandirian belajar matematika kelompok eksperimen adalah 116,531(N-gain =0,427) lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 104,281 (N-gain =0,200). Hasil analisis proses jawaban matematika siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran lebih baik dari pada proses jawaban matematika siswa di kelas kontrol, dan interaksi siswa antara pembelajaran dan kemampuan awal selama mengikuti pembelajaran matematika berbantuan software autograph jauh lebih baik dan positif, serta siswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa software autograph efektif digunakan dalam mengajar statistik di SMP. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan software dinamis dalam mengajar matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika untuk berbagai topik di SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
UNSPECIFIEDMinarni, Ani196510101992032003
Call Number: 510.071 2 Les p
Keywords: Realistic Mathematical Approach Assisted by Autugraph Software, Mathematical Problem Solving Ability, Student Learning Independence, Student Mathematical Answer Process
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31649

Actions (login required)

View Item View Item