PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Ulya, Syastri (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.8136172084 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136172084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136172084 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136172084 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136172084 TABLE OF CONTEEN.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136172084 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136172084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136172084 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8136172084 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8136172084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Disposisi matematis siswa (3) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap pemecahan masalah matematis siswa(4) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap disposisi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Model Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,87 dan 0,89 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji-t dan uji anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung,(2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 510.72 Uly p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,Disposisi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30675

Actions (login required)

View Item View Item