PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN INQUIRI DI SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI

Hasibuan, Isra Suna (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN INQUIRI DI SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156172017 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156172017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156172017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156172017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156172017 TABLES.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156172017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156172017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 8156172017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156172017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri, (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri pada kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Dan sampel penelitian ini adalah kelas VII-1, VII-2 dan VII-3. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) Satu Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah, pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA satu arah untuk lebih besar dari . (2) Aktivitas siswa pada pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan aktivitas siswa pada pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri, (3) Proses penyelesaian jawaban siswa kemampuan komunikasi matematis yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pendidikan matematika realistik, dan pembelajaran inquiri

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmry, Zul196007071987031002
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 1 Has p
Keywords: PBM, Pendidikan Matematika Realistik, Pembelajaran Inquiri,Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2018 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item