PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI KELAS VII SMP SWASTA PELITA MEDAN

Harahap, Rudiyansyah (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI KELAS VII SMP SWASTA PELITA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172071 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172071 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156172071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156172071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri, (2) perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri, (3) interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (4) interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Pelita Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-2. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 4,975 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (2) Terdapat perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 21,127 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,184 lebih kecil dari Ftabel = 3,130. (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,067 lebih kecil dari Ftabel = 3,130.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Thesis advisorFauzi, Kms.M.Amin196406291993031001
Call Number: 510.071 2 Har p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Inkuiri, Penalaran Matematis, Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 May 2018 08:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30326

Actions (login required)

View Item View Item