PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALAUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KLEAS VII SMP NEGERI 1 BATANGKUIS TAHUN AJARAN 2017/2018

Piliang, Arif Fadilah (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALAUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KLEAS VII SMP NEGERI 1 BATANGKUIS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6123111013 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6123111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6123111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6123111013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6123111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6123111013 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6123111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6123111013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6123111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6123111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6123111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VII-A yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses lari sprint. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I dan II yang berbentuk teknik lari sprint. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 25 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 69,44% dengan nilai rata-rata 69,21 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 11 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 30,56%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 80,32 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 11,11%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYunis Bangun, Sabaruddin198206092008121002
Call Number: SK-2018 PJKR 057
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29740

Actions (login required)

View Item View Item