PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANVISUAL THINKING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH

Arini, Lilis (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANVISUAL THINKING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN SURAT PLAGIAT..pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kualitas perangkat pembelajaran (Validitas, kepraktisan dan keefektivan) perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik yang dikembangkan; (2) Peningkatan kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik yang telah dikembangkan; dan (3) Peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 dan IX-3 di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid, Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a) validator menyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah telah dapat dikatakan baik, dan keefektifan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; dan c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; (2) terdapat peningkatan kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik; dan (3) terdapat peningkatan kemandirian belajar matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorSyahputra, Edy195701211989031001
Call Number: 510.071 2 Ari p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Model pengembangan 4-D, Visual Thinking, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item