PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KATERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIK DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2017/2018

SINAGA, LEUSI DERISMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KATERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIK DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133321022 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133321022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133321022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133321022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133321022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133321022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133321022 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133321022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133321022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133321022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133321022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Satatis di kelas XI semester I SMA Negeri 6 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-MIA semester I yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang berjumlah 37 siswa dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran lansung yang dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay sebanyak 12 soal yang telah valid untuk mengukur kerampilan proses sains siswa dan lembar observasi untuk aktivitas keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 23,51 dan kelas kontrol adalah 23,28. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 59 dan kelas kontrol 47,59. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh hasil thitung = 6,48 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap ketampilan proses sains fisika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Mukti Hamjah197704252008011011
Call Number: SK-2018 FIS 026
Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Fluida Statik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28589

Actions (login required)

View Item View Item