PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE

Gea, Winda Wandira (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133121059 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133121059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133121059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133121059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133121059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM NIM 4133121059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133121059 TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133121059 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133121059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133121059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133121059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor, mengetahui pengaruh siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui ada tidaknya interaksi antara model PBL dengan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan kelas X- MS-2 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model PBL dan kelas X-MS-3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design dan menggunakan desain penelitian anava dua jalur. Instrumen pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda sedangkan instrumen hasil belajar berbentuk essai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar, dimana siswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, hasil belajar siswa yang memiliki pemahaman konsep tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada pemahaman konsep rendah, dan tidak terdapat interaksi antara model PBL dan pemahaman konsep dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Mariati Purnama197111192002092001
Call Number: SK-2018 FIS 027
Keywords: ROBLEM BASED LEARNING (PBL); PEMAHAMAN KONSEP; HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28587

Actions (login required)

View Item View Item