PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

AYU, HILDA MUTIARA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133121028 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133121028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133121028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133121028 TABLES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133121028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133121028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3133121028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan suatu proses pembelajaran sejarah dengan hasil belajar (nilai tes). Dalam penelitian ini akan mencoba untuk menggunakan model mind mapping dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan model mind mapping dalam pembelajaran sejarah lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas konvensional agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS (IIS) SMA Sultan Iskandar Muda. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan control group pre test – post test design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas konvensional dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Hasil post test soal sebelum menerapkan model mind mapping adalah diperoleh t_hitung sebesar 3,11 <ttabel = 0,32 (kemampuan yang sama) dan setelah menerapkan model mind mapping menunjukkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar sangat tinggi yaitu 90%, dan kelas konvensional sebesar 82% dan tergolong kriteria tinggi. Uji t variabel Y (hasil belajar sejarah siswa) di dapatkan t_hitung=3,11>ttabel =0,32 yang berarti ada perbedaan yang singnifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemebelajaran sejarah menggunakan model mind mapping lebih efektif dibanding pembelajaran tanpa menggunakan model (konvensional).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSIDIQ, RICU198501222014041001
Call Number: SK-2018 SJRH 012
Keywords: Model Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LA History of education > LA5 General
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 16:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28539

Actions (login required)

View Item View Item